skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Itu Penyakit Sinusitis

Apa Itu Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah merupakan dimana salah satu penyakit atau kelainan pada sinus paranasal yang pada akhir-akhir ini semakin banyak dan meningkat angka kejadiannya. Dampak dari Penyakit Sinusitis ini yang ditimbulkan bisa bervariasi, dari mulai yang ringan sampai dengan yang berat.

Betapapun ringannya dampak yang ditimbulkan, penyakit ini selalu menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Sehingga akan terjadi pula kerugian, baik yang dapat ternilai maupun yang tidak dapat ternilai harganya.

Penyakit Sinusitis adalah merupakan peradangan yang terjadi pada rongga sinus.Penyakit Sinusitis ini banyak ditemukan pada orang yang menderita hay fever yang diman pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga atau yang lainnya.

Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui rongga hidung. Satu hal yang tidak bisa kita lupaka bahwa sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Penyakit Sinusitis biasanya terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri maupun jamur. Penyakit Sinusitis bisa terjadi pada salah satu dari keempat sinus yang ada (maksilaris, etmoidalis, frontalis atau sfenoidalis).

Penyakit Sinus sendiri dibagi menjadi empat yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi). Secara klinis Sinusitis dibagi atas: Sinusitis akut, Sinusitis subakut, Sinusitis Kronis.

Penyakit sinusitis biasanya di sebabkan oleh kelainan disekita lubang hidung dan gigi. Berdasarkan penyebabnya, sinusitis di bedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Sinusitis Rhinogenik yang disebabkan oleh penyumbatan pada hidung. Penyumbatan itu dapat terjadi karena flu biasa, rhinitis alergi (pembengkakan pada lapisan hidung), polip hidung (pertumbuhan kecil di lapisan hidung), atau septum menyimpang (pergeseran di rongga hidung) yang menyebabkan aliran udara tersumbat sehingga dapat menimbulkan infeksi
  2. Sinusitis Dentogenik (odontogenik) yang disebabkan oleh kelainan pada gigi sehingga menyebabkan infeksi pada rongga sinus.

Infeksi sinus dapat disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Sinusitis yang disebabkan oleh jamur adalah yang paling berbahaya karena dapat berakhir dengan kematian. Sedangkan sinusitis bakteri dapat di tanggulangi dengan antibiotik meski tidak dapat sembuh total dan akan dapat kambuh lagi sewaktu-waktu.

Kalau sinus yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu lama. Pada dasarnya semua jenis sinusitis dapat menyebabkan kematian karena infeksi sinus dapat menjalar ke otak jika sudah terlalu parah. Berdasarkan tingkat keparahannya, sinusitis di kelompokan menjadi 4, yaitu:

– Sinusitis akut, jika sinusitis tiba-tiba menyerang secara mendadak dengan gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang tidak hilang setelah 10 sampai 14 hari dan biasanya berlangsung kurang dari  4 minggu .

– Sinusitis subakut, jika gejala peradangan berlangsung antara 4 sampai 8 minggu.

– Sinusitis kronis,  jika gejala radang sinus berlangsung  selama 8 minggu atau lebih.

– Sinusitis kambuhan, sinusitis jenis ini tidak dapat di sembuhkan dan dapat kambuh sewaktu-waktu. dengan beberapa serangan dalam setahun.

Nah, itulah artikel sekilas tentang penyakit sinusitis mengidap sinusitis mudah-mudahan bermanfaat bagi anda, dan apabila anda menderita penyakit sinusitis segeralah lakukan pengobatan baik secara medis atau juga dengan konsumsi obat-obatan alami.