skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Hidung

Penyakit Hidung

Hidung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dalam sistem tubuh manusia. Hidung memiliki kegunaan yang bermacam-macam selain kegunaan utamanya sebagai alat pernafasan. Jika dilihat dari segi pernafasan, maka hidung berfungsi sebagai alat masuknya oksigen ke dalam tubuh dan berfungsi juga sebagai tempat keluarnya karbon dioksida di dalam tubuh.

Selain itu, hidung juga merupakan salah satu indera. Hidung berfungsi sebagai indera penciuman. Sementara itu, secara anatomi, hidung merupakan bagian yang menonjol dari vertebrata yang memiliki nostril yang berfungsi sebagai penyaring udara untuk pernafasan. Hidung sebagaimana organ tubuh yang lain, juga bisa terkena beberapa penyakit atau pun kelainan.

Berikut ini adalah beberapa kelainan atau penyakit pada hidung manusia:

  1. Hidung Tersumbat dan Pilek

Hidung tersumbat atau pilek ini menjadi salah satu penyebab dari Salesma itu sendiri. Biasanya, ketika penyakit ini di derita oleh anak kecil, banyaknya lendir dalam hidup bisa berakibat infeksi pada telinga. Sementara bagi orang tua yang terkena penyakit ini lendir yang berlebihan itu bisa mengakibatkan sinus atau peradangan dan berlangsung lama dalam rongga tulang yang memiliki hubungan dengan hidung.

  1. Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis adalah penyakit yang terjadi pada hidung berupa peradangan pada bagian sinus. Sinus sendiri terletak pada rongga-rongga tulang yang berhubungan dengan hidung.

  1. Rhinitis Allergica

Mungkin bagi sebagian orang awam yang mendengar penyakit ini akan asing dan tidak tahu. Rhinitis Allergica sendiri adalah penyakit hidung dimana terjadi peradangan hidung akibat alergi. Hal ini biasanya disebabkan oleh masuknya hal-hal asing ke dalam salurang tenggorokan yang kemudian hidung secara otomatis merespon itu dan terjadilah peradangan pada hidung karena alergi ini.

  1. Salesma atau Cold dan Flu

Penyakit yang satu ini adalah sebuah kelainan pada hidung dimana kondisi hidung terinfeksi oleh viruz. Biasanya, ketika penyakit ini menyerang, ia akan menyebabkan batuk, pilek, sakit di daerah sekitar leher, terkadang juga muncul seperti gejala demam atau panas tubuh yang meningkat, atau juga sakit di persendian yang disertai rasa pusing.

Gejala itu muncul jika orang dewasa yang terkena penyakit tersebut. Akan tetapi, ketika anak kecil yang terkena penyakit tersebut, biasanya disertai dengan gejala mencret ringan.

  1. Anosmia

Anosmia merupakan salah satu kelainan pada hidung. Dalam hal ini, anosmia merupakan kelainan yang berhubungan dengan indera penciuman. Yang dimaksud dengan anosmia adalah keadaan dimana sang penderita tidak dapat mencium bau sama sekali. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kecelakaan, gangguan saluran hidung, atau tumor sulkus olfaktorius.

  1. Deviated Septum

Kelainan berikutnya yang dialami oleh hidung adalah deviated septum. Biasanya, hidung yang memiliki dua rongga untuk bernafas ini ukuran rongganya sama. Akan tetapi, dalam beberapa kasus abnormal, ukuran rongga pada hidung bisa berbeda.

Ketika kasus ini terjadi tapi masih dalam taraf ringan maka tidak akan membahayakan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, deviated septum terjadi dengan taraf yang cukup membahayakan dimana satu-satunya cara untuk mengobatinya hanyalah dengan operasi.

  1. Dinosmia

Penyakit dinosmia ini adalah keadaan dimana sang penderita merasa selalu mencium bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena terdapat kelainan dalam rongga hidung, infeksi pada sinus, dan kerusakan parsial pada saraf olfaktorius. Cara untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan membawanya ke dokter ahli THT dan mengkonsultasikannya.

  1. Polip Hidung

Anda pasti asing mendengar istilah polip hidung. Ini merupakan salah satu kelainan pada hidung yakni berupa tumor kecil yang terdapat pada hidung. Ini merupakan tumor jinak yang terletak di hidung anda. Tumor ini perlu anda waspadai, meskipun statusnya jinak, akan tetapi tumor ini bisa menjadi tumor ganas seperti layaknya kanker.

Polip ini merupakan suatu massa patologis yang terdapat pada rongga sinus hidung yang licin dan lunak. Warna dari polip ini adalah putih keabu-abuan dan mengkilat.