skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Pada Hidung

Penyakit Pada Hidung

Hidung merupakan salah satu panca indra manusia yang tentunya sangat berharga, dengan hidung kita bisa mencium dan membedakan bau, bernafas dengan baik, dan masih banyak lagi. Tapi tentunya kita harus pandai merawatnya, sebab bila hidung tidak dirawat, hidung akan diserang oleh beberapa penyakit.

Didalam hidung terdapat rambut halus yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk sehingga partikel debu tidak ikut masuk kedalam paru-paru. Hidung memiliki fungsi sebagai resonasi suara. Untuk itu Anda harus selalu menjaga kesehatan hidung agar dapat berfungsi dengan normal. Berikut macam-macam penyakit pada hidung:

  1. HIDUNG TERSUMBAT DAN PILEK

Pada penyakit hidung ini banyak lendir dalam hidung menyebabkan infeksi telinga pada anak-anak atau gangguan sinus (peradangan gawat dan berlangsung lama pada rongga tulang yang berhubungan dengan rongga hidung) pada orang dewasa.

Cara melegakan hidung tersumbat:

– Hidung tersumbat yg tejadi pada anak-anak, hisaplah dengan ingus atau lendir dengan menggunakan balon penghisap.

– Untuk orang dewasa dapat menghirup air garam ke dalam hidungnya. Tindakkan ini akan mencairkan lendir.

– Bernapas dalam uap air panas akan melegakan hidung yang tersumbat.

– Hapuslah ingus. Jangan menghembuskan ingus kuat-kuat, karena tindakan ini dapat menimbulkan sakit telinga dan infeksi sinus.

– Penderita yang sering mengalami sakit telinga atau gangguan sinus dapat mencegahnya dengan memakai tetes hidung decongestan seperti phenyleprine.

Setelah menghirup sedikit air garam, teteskan obat tersebut dalam hidung sebagai berikut: Miringkan kepala, kemudian teteskan 2 atau 3 tetes ke dalam lubang hidung sebelah bawah. Tunggu beberapa menit dan lakukan hal yang sama pada lubang lainnya.

  1. SALESMA(COLD) DAN INFLUENZA(FLU)

Salesma dan infuenza merupakan infeksi pada alat pernapasan yang disebabkan oleh virus, dan umumnya dapat menyebabkan batuk, pilek, sakit leher dan kadang-kadang panas atau sakit pada persendian. Gejala yang mengiringi diantaranya mencret ringan, terutama pada anak kecil. Salesma dan influenza hampir selalu sembuh sendiri tanpa obat. Jangan gunakan penicillin, tetracycline atau antibiotika lainnya, karena obat-obatan ini sama sekali tidak menyembuhkan dan dapat menimbulkan bahaya. Tips yang dilakukan bila terkena  salesma:

– Minum air panas.

– Aspirin atau acetaminophen dapat menurunkan panas dan menghilangkan sakit kepala.

– Tetaplah makan seperti biasa, karena tidak ada pantangan mengonsumsi sesuatu.

– Istirahat yang cukup.

Cara mengobati batuk dan hidung tersumbat:

Jika penderita mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atau radang paru-paru (pneumonia) diperlukan antibiotika. Jika tenggorokan atau sakit leher karena salesma tidak perlu obat yang khusus, namun cukup kumur dengan air hangat. Jika sakit leher terjadi secara mendadak, disertai panas tinggi, kemungkinannya adalah strep throat (sakit leher karena infeksi streptoccus). Dalam keadaan ini diperlukan pengobatan khusus.

Cara Mencegah Salesma:

– Nutrisi makanan yang berkualitas akan membantu pencegahan penyakit salesma. Mengonsumsi jeruk, tomat dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan.

– Memahami jika salesma ditularkan oleh seseorang yang telah menderita infeksi melalui vektor udara.

– Untuk mencegah penularan kepada orang lain, maka ia harus menutup hidung atau mulutnya ketika batuk atau bersin. Penderita harus makan dan tidur terpisah dari anggota keluarga lain terutama menjauhi bayi.

– Untuk mencegah agar salesma tidak menimbulkan sakit telinga, jangan menghembus ingus kuat-kuat.

  1. GANGGUAN SINUS (SINUSITIS)

Sinusitis adalah peradangan sinus, yaitu rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung, yang gawat dan biasanya terjadi dalam waktu menahun.

Tanda-tanda sinuitis:

– Sakit pada muka di sekitar mata. Jika diketuk tulang atau menundukkan kepala, maka muka akan terasa sakit.

– Hidung sering tersumbat oleh adanya nanah atau ingus yang kental.

– Tidak jarang diikuti oleh panas.

Pengobatan sinuitis:

– Hirup sedikit air garam ke dalam hidung

– Letakkan kompres hangat di bagian wajah

– Gunakan tetes hidung decongestan seperti phenyleprine

– Antibiotika seperti tetracyclin, ampicilin, atau penicillin, bisa digunakan untuk meredakan sinus.

– Jika si penderita kondisinya tidak membaik, segera minta pertolongan dokter.

  1. PERADANGAN HIDUNG KARENA ALERGI (RHINITIS ALLERGICA)

Penyakit hidung Rhinitis Allergica disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada hidung yang ditimbulkan oleh masuknya substansi asing ke dalam saluran tenggorokan.

Cara Mengobati Peradangan hidung:

– Gunakan antihistamin seperti chlorpheniramine, dimenhydrinate, yang biasanya dijual untuk mengobati mabuk perjalanan.

Pencegahan Peradangan hidung:

– Menghindari penyebab terjadinya alergi, seperti debu; bulu ayam; tepung sari bunga; jamur.