skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Sinusitis

Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur baik anak-anak, dewasa, orangtua, pria maupun wanita.

Sinusitis biasanya muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, misalnya karena pilek dan flu. Kondisi ini biasanya ringan dan akan hilang dalam waktu tiga bulan. Sinusitis juga bisa memicu terjadinya demam dan sakit gigi.

Ada dua jenis sinusitis, yaitu sinusitis akut dan sinusitis kronis. Gejalanyapun hampir mirip antara penyakit sinusitis kronis dan akut. Namun jka dilihat dari jenis penyakitnya, tanda, gejala dan ciri ciri khusus dari sinusitis akut ialah si penderita sering merasa kedinginan sebagai akibat dari infeksi virus dan bakteri.

Di dalam rongga hidung terdapat silia yang memiliki struktur menyerupai rambut dan berfungsi untuk memindahkan mukus (lendir) menuju keluar hidung. Semua rongga sinus terhubung ke hidung supaya memungkinkan pertukaran udara dan mukus secara leluasa dengan bantuan silia.

Sinusitis akan Anda alami apabila terjadi infeksi atau alergi yang menyebabkan jaringan-jaringan sinus jadi meradang, memerah, dan membengkak. Karena itu, singkatnya pengertian penyakit sinusitis adalah peradangan (inflamasi) yang terjadi pada sinus.

Penyakit ini seringkali diawali dengan peradangan yang dipicu oleh pilek, alergi, atau iritasi. Sayangnya bukan hanya mengakibatkan peradangan, ketiga pemicu tadi juga membuat jaringan-jaringan sinus jadi membengkak.

Ketika terkena penyakit sinusitis, kebanyakan orang pasti akan tesumbat hidungnya dan merasa nyeri atau tekanan di beberapa area sekitar wajah atau gigi. Biasanya juga akan keluar cairan hidung (ingus) yang tampak berwarna kekuningan, kehijauan, atau bening.

Pada waktu terserang sinusitis, Anda juga mungkin akan merasakan gejala-gejala sinusitis lainnya; merasa selalu lelah, sulit membedakan aroma atau rasa, batuk-batuk, sakit tenggorokan, bau mulut, sakit kepala, merasa nyeri saat badan membungkuk ke depan, serta demam.

Kalau gejala-gejala sinusitis terus ada selama lebih dari 3 bulan, kemungkinan Anda menderita penyakit sinusitis kronis. Salah satu penyebab sinusitis kronis ialah perkembangan bakteri di bagian dalam sinus yang tersumbat. Penyebab lainnya antara lain adalah kelainan anatomi, alergi, polip, gangguan sistem imun, dan penyakit gigi.

Sebagai cara mengobati sinusitis, Anda bisa melakukan 5 langkah yang praktis di rumah. Berikut adalah uraian dari ke-5 langkah ini:

– Kompres dengan handuk hangat—basahi atau celupkan handuk ke dalam air hangat dan peras secukupnya. Taruh handuk lembap ini di atas area hidung-pipi-mata untuk meredakan rasa nyeri di area tersebut.

– Minum banyak air putih—tubuh perlu cairan untuk mengencerkan ingus dan melancarkan pembuangan cairan dari dalam sinus.

– Hirup uap panas—taruhlah handuk di atas kepala lalu pelan-pelan hiruplah uap dari baskom berisi air panas.

– Banyak istirahat—tubuh perlu istirahat yang cukup supaya sanggup melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan diri.

– Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi—dengan begitu cairan dapat dibantu dialirkan keluar dari dalam sinus sehingga mengurangi hidung tersumbat.

Selain mencoba 5 cara mengobati sinusitis di atas, pernahkah Anda mencoba bilasan larutan garam menggunakan neti pot atau botol pencet? Semprotan nasal steroid juga dapat membantu mengobati apabila penyakit sinusitis yang Anda alami diakibatkan oleh alergi. Selain itu obat antihistamin juga bisa dimanfaatkan, khususnya jika gejala sinusitis disertai dengan bersin-bersin dan hidung meler.

Operasi bedah yang disebut FESS (functional endoscopic sinus surgery) dapat membantu mengatasi peradangan sinus. Akan tetapi jadikanlah operasi sinus ini sebagai pilihan paling terakhir setelah mencoba cara-cara mengobati sinusitis lainnya.

Urutan pilihan pengobatan yang sebaiknya dijalani:

1) Coba atasi sendiri dengan cara rumahan dan menghindari apa pun yang dapat mengiritasi sinus,

2) Jika tidak sembuh, temuilah dokter agar mendapat obat yang cocok,

3) Jika segala obat-obatan tidak membantu, maka operasi sinus bisa dipertimbangkan.