skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tanda Sinusitis

Tanda Sinusitis

Sinusitis adalah suatu keadaan yang menginfeksi dan menyebabkan peradangan pada sinus. Sinusitis berawal dari infeksi dari bakteri, jamur, virus, alergi dan gangguan autoimun. Sinusitis dapat mengganggu pernafasan dan menyebabkan sakit kepala.

Beberapa penderita sinusitis yang sudah akut atau parah mungkin ada yang melakukan suatu tindakan operasi pengangkatan lendir atau mukus yang ada di antara tulang yang terhubung dengan hidung. Namun sebelum melakukan pengobatan sinusitis ada baiknya untuk mengenali tanda-tanda sinusitis agar penanganan dan pengobatan sinusitis dapat dilakukan dengan baik.

Berikut tanda dari sinusitis:

  1. Wajah terlihat pucat

Beberapa penderita yang mengalami sinusitis umumnya wajah akan terlihat lebih pucat karena seringnya mengalami bersin dan alergi serta pengeluaran cairan dari dalam rongga hidung. Wajah pucat juga dapat terjadi ketiak penderita sinusitis mengalami sinusitis maksilari atau sinusitis frontalis. Jika seseorang menderita sinusitis frontalis maka sinusitis yang dirasakan akan semakin berat dan umumnya rasa nyeri dan sakit dapat di rasakan hingga ke bagian wajah dan sekitar mata.

  1. Sakit Secara Terus Menerus pada Area Sinus

Rasa sakit yang disebabkan karena infeksi sinusitis memang sangat komplek. Rasa sakit bisa terjadi pada bagian dahi, sekitar mata, hidung, pipi, gigi dan rahang pada bagian atas. Kondisi rasa sakit ini bisa muncul dalam waktu yang lama dan biasanya hanya akan berkurang sedikit setelah dilakukan pengobatan dengan obat anti inflamasi.

Bila terjadi peradangan maka rasa sakit akan bertambah lebih parah dan sulit untuk diatasi. Untuk mengurangi rasa sakit maka bisa melakukan kompres dengan air hangat yang ditempelkan pada area sekitar dahi, tulang hidung dan pipi.

  1. Sakit Gigi dan Bau Mulut

Infeksi pada bagian rongga sinus dapat menyebar hingga ke bagian rahang. Kondisi ini akan bertambah parah bila kesehatan gigi cukup buruk. Sinusitis bisa menyebabkan rasa sakit gigi seperti sakit nyeri yang hebat dan terjadi pada gigi atas. Bakteri yang terus berkembang pada bagian rongga sinus juga bisa menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

  1. Tubuh Terada Lebih Lelah

Penderita sinusitis akan mengalami kondisi ini selama beberapa hari. Infeksi menyebabkan banyak cairan yang keluar dari hidung dan tenggorokan. Setelah itu gejala sinus ini akan membuat tubuh menjadi lebih lemah dan lelah karena rasa pusing dan gangguan pada pernafasan. Bila pernafasan semakin berat maka penderita akan mengalami kesulitan untuk beraktifitas.

  1. Menurunnya kemampuan indera penciuman

Membengkaknya area selaput pada bagian hidung juga akan menghambat bau yang dihirup untuk mencapai bagian penciuman. Sehingga mengakibatkan penderita sinusitis mengalami penurunan kemampuan membau.

  1. Menurunnya kemampuan indera perasa

Indera perasa atau pengecap juga memiliki ketergantungan terhadap indera penciuman, maka saat indera penciuman terganggu, seseorang juga akan mengalami penurunan indera perasa. Hal ini juga dialami oleh penderita sinusitis.

  1. Keluar Cairan Kuning Kehijauan dan Kental

Infeksi dari bakteri atau virus yang menyebabkan sinusitis, juga bisa membuat perubahan warna cairan atau lendir yang keluar dari hidung. Banyaknya cairan yang keluar dari hidung akan mengalami perubahan warna dari mulai cairan putih bening pada tahap awal dan akan berubah menjadi cairan kental kuning kehijauan pada tahap akhir.

Kondisi ini akan menyebabkan cairan keluar dari hidung dan tenggorokan. Terkadang beberapa penderita merasa nyeri dan gatal pada bagian tenggorokan belakang hingga telinga. Cara untuk mengatasi gejala ini bisa dibantu dengan minum air hangat untuk mencegah penyumbatan cairan pada rongga sinus. Air putih dan teh hangat bisa membuat kondisi lebih baik.